2. Pembelajaran Luar Sekolah

PEMBELAJARAN LUAR SEKOLAH

SD PL SANTO VALENTINUS SURAKARTA

Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi (mengawali), memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik. Oleh karena pembelajaran merupakan upaya sistematis dan sistemik untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan proses belajar, maka kegiatan pembelajaran berkaitan erat dengan jenis hakikat, dan jenis belajar serta hasil belajar tersebut. Pembelajaran harus menghasilkan, tetapi tidak semua proses belajar terjadi karena pembelajaran. Proses belajar dapat juga terjadi dalam konteks interaksi sosial-kultural dalam lingkungan masyarakat.

Pembelajaran dalam konteks pendidikan formal, yakni pendidikan di sekolah, sebagian besar terjadi di kelas dan lingkungan sekolah. Sebagian kecil pembelajaran terjadi juga di lingkungan masyarakat, misalnya pada saat kegiatan ko-kurikuler (kegiatan di luar kelas dalam rangka tugas suatu bidang studiatau lebih), ekstra kurikuler (kegiatan di luar bidang studi, di luar kelas), dan ekstramural (kegiatan di luar bidang studi, di luar kurikulum yang diselenggarakan di luar sekolah, seperti kegiatan perkemahan sekolah). Dengan demikian maka proses belajar bisa terjadi di kelas, dalam lingkungan sekolah, dan dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam bentuk interaksi sosial-kultural melalui media massa dan jaringan.

Istilah “pembelajaran” merupakan sebutan yang cukup populer dalam dunia pendidikan. Istilah ini menunjuk hubungan antara pihak warga belajar yang melakukan aktivitas belajar, tutor yang melakukan tugas fasilitasi, dan para pengelola program yang mengatur keseluruhan aktivitas. Belajar di Luar Sekolah adalah proses yang rumit, karena warga belajar tidak sekedar menyerap informasi dari tutor, namun melibatkan berbagai kegiatan dan tindakan yang mesti dilakukan oleh semua pihak.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut di atas, maka SD Pangudi Luhur Santo Valentinus Surakarta pada tahun ajaran 2010 – 2011 ini melaksanakan pembelajaran luar sekolah dibagi dalam 3 kelompok , adapun pemabgian kelompoknya adalah sebagai berikut :

1.       Kelompok I, kelompok ini terdiri dari siswa kelas 5 dan 6 melaksanakan pembelajaran luar sekolah pada tanggal 13 Oktober 2010 dengan melakukan dua lokasi kunjungan yaitu :

Kunjungan pertama ke Goa Maria Mojosongo dengan tujuan ziarah sebagai wujud dari pembinaan kristianitas adapun kegiatannya adalah melakukan doa jalan salib dan doa rosario bersama sama baik guru sebagai pembina dan pendamping dan para siswa semua.

Kunjungan kedua Ke Kampoeng Batik Lawiyan Surakarta dengan tujuan agar para siswa mengetahui bagaimana proses pembuatan kain batik, dalam kunjungan ini parasiswa diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan para pengrajin kain batik (pembuat batik) baik pengusahanya maupun para pelaku pembuat batik) sehingga para siswa tahu proses pembuatan batik tersebut langkah demi langkah. Dalam kunjungan ini baik para siswa maupun paraguru pendamping diberi kesempatan untuk melakukan praktik membatik, adapaun alat alat berupa kompor kecil, wajan dan canthing serta kayu penarik kain desediakan oleh pihak pengusaha batik Kampoeng Lawiyan.

2.       Kelompok II, kelompok ini terdiri  dari siswa kelas 1 dan 2 melaksanakan pembelajaran luar sekolah pada tanggal 14 Oktober 2010 dengan melakukan dua lokasi kunjungan yaitu :

Kunjungan pertama ke Goa Maria Mojosongo dengan tujuan ziarah sebagai wujud dari pembinaan kristianitas adapun kegiatannya pengenalan bagaimana melakukan doa jalan salib dan doa rosario bersama sama baik guru sebagai pembina dan pendamping dan para siswa semua.

Kunjungan kedua Ke Pabrik Teh PT Gunung Subur yang berlokasi di Jaten Karanganyar Surakarta. Adapun tujuan dari kunjungan tersebut adalah agar para siswa mengetahui proses pembuatan teh dari bahan mentah sampai pada pengepakannya. Di dalam pabrik tersebut para siswa juga diberi kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan para pekerja disamping sudah diberi penjelasan secara umum bagaimana the di produksi saat penyambutan di aula pabri.

3.       Kelompok III, kelompok ini terdiri dari siswa kelas 3 dan 4 melaksanakan pembelajaran luar sekolah pada tanggal 15 Oktober 2010 dengan melakukan dua lokasi kunjungan yaitu :

  • Kunjungan pertama ke Goa Maria Mojosongo
  • Kunjungan kedua Out bond di Sragen

Dalam kegiatan pembelajaran kelompok III ini penulis tak dapat melaporkan kegiatan parasiswa karena penulis mendapat tugas oleh sekolah ke Panti Semedi Sangkal Putung Klaten untuk mengikuti sosialisasi program keuangan dari Yayasan Pangudi Luhur Pusat.

Penulis :

Stephanus Gunawan Wibisono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: